Ini Dia Beberapa Bahaya Gadget Bagi Anak-anak

Ini Dia Beberapa Bahaya Gadget Bagi Anak-anak

Saat ini anak-anak sudah diberikan oleh orang tuanya gadget. Dalam perkembangan zaman tentu saja orang tua memiliki banyak tujuan memberikan alat elektronik ini kepada anak-anaknya. Beberapa tujuan yang kerap kali dirasakan antara lain yaitu ingin mengikuti trend, meningkatkan gengsi dan masih banyak lainnya. Penggunaan gadget memang dirasakan lebih banyak bahayanya dibandingkan manfaatnya. Berikut ini beberapa bahaya gadget bagi anak-anak yang penting untuk diketahui.

Beberapa bahaya gadget bagi anak-anak yaitu:

1. Kerusakan mata
Apabila anak-anak memainkan gadget setiap waktu tentu akan sangat berbahaya. Bahaya ini terjadi bisa saja dari radiasi yang ditimbulkan. Sehingga ada baiknya apabila Anda sebagai orang tua memiliki solusi untuk memberikan gadget pada anak. Beberapa solusi yang dapat dilakukan misalnya saja membatasi waktu bermain anak, matikan lampu apabila sudah waktunya tidur dan masih banyak lainnya.

2. Kehabisan waktu berkualitas
Saat anak sibuk dengan gadgetnya tentu saja akan ada banyak waktu terbuang secara percuma. Apabila anak waktunya belajar berbicara, makan atau berkomunikasi dengan orang tua. Namun dengan adanya gadget tentu hal ini akan sangat sulit dilakukan. Untuk itu solusi yang harus diambil adalah membatasi penggunaan gadget maksimal satu jam dalam satu hari.

3. Efek buruk bagi kesehatan
Apabila anak dibiarkan memainkan gadget secara rutin tentu dalam jangka panjang akan mengalami efek buruk. Efek buruknya berpengaruh pada kesehatan anak berupa sakit pada bagian pinggang, sakit kepala dan masih banyak lainnya. Untuk itu solusi yang sebaiknya dilakukan adalah dengan menjauhkan benda ini dari anak-anak saat tidur. Tujuannya agar radiasi yang ada pada gadget tidak mengenai anak Anda.

4. Bersikap tertutup
Saat penggunaan gadget tidak segera dihentikan dan dilakukan penanganan yang tepat. Tentu saja dampaknya akan sangat luas yang salah satunya adalah anak cenderung memiliki sikap tertutup. Alihkan perhatian untuk bermain dengan teman sebayanya dan ajak untuk keluar. Dengan demikian anak akan mudah dialihkan perhatian dari gadget yang mungkin saja Anda gunakan.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *